Error E2 di canon MP145

6

28 Januari 2010 oleh awienz

Error E2 di canon Mp145 disebabkan oleh tidak adanya kertas, atau karena kertas tidak bisa ditarik oleh penarik kertas.

Pada kasus lainnya kertas dapat tertarik tetapi secara keseluruhan tidak satu persatu seperti biasanya, atau kertas tertarik tetapi miring dan tidak pas waktu di print.

Ini disebabkan oleh patahnya as penarik kertas yang terbuat dari plastik. solusinya ialah membuatkan As yang baru untuk penarik kertas tersebut.

Gambar ujung as penarik kertas yang patah.

  • Bongkar Printer tersebut, lepaskan casing / body plastic. Perhatikan baut/skrup yang mengunci casing, kemungkinan ada yang tetutup body lain (tersembunyi), Perhatikan juga klemnya yang tebuat dari plastic,  congkel perlahan-lahan dengan Obeng. Hati-hati jangan sampai patah.  Saat anda ingin melepaskan scanner hal yang perlu diperhatikan adalah kabel film dari mesin printer ke scanner yg terdapat di bwh scanner juga kabel ground yang menempel di body.  (Untuk lebih amannya anda tidak perlu melepaskan scanner, cukup dengan mengangkat dan menggeser scannernya saja). Sesudah casing/body plastic dan scanner dilepas  akan terlihat karet penarik kertas beserta plastiknya, lalu buka skrup sensor kertas. Jangan lupa melapaskan Per penekan kertas. Lalu buka skrup pengunci karet penarik kertas. Lepaskan penarik kertas beserta karetnya dari printer dengan cara mencongkel klem plastic yang menempel pada gear besar yang terlihat dari atas lalu tarik kearah samping agar terlepas dari printer

tempat penarik kertas dan roda penarik kertasyang as nya patahGambar penarik kertas dan tempatnya.

  • Pasangkan baut yang seukuran dengan as yang patah, lalu potong ujungnya untuk menggantikan posisi as yang patah tersebut.

baut yang sudah dipotong ujungnya

Perlu diperhatikan saat anda memasang baut tersebut harus lurus benar dengan karet penarik kertasnya.

  • Pasang kembali penarik kertas yang sudah anda lepas tadi ketempatnya.
  • Pasang body plastik.
  • perhatikan semua baut jgn ada yg berlebih, (pengalaman saya abis bongkar bautnya lebih satu. he.he..)

Selesailah sudah operasi penggantian As penarik kertas yang patah….

6 thoughts on “Error E2 di canon MP145

  1. Wahyu berkata:

    HELP…….!!!

    MP145 saya juga error E2. Setelah saya reset masih mau narik kertas. Tapi masih tetep aja error E2. Tolong bantuannya. Thx.

  2. seadai@ bukan roda yang itu ? apa lagi msalah@

  3. bosgentongs berkata:

    thanks gan tutornnya ijin remark yah

  4. Pintu Kaca berkata:

    Terimakasih Pak Awienz, saya ini sedang mau print penawaran pintu kaca, tapi kertas saya macet ditengah jalan, trus kertas nya saya ambil paksa, dan muncul di displaynya eror E2, dan setelah Googling saya menemukan solusi di blog ini.
    Salam
    Bahrul

  5. optimazone berkata:

    Reblogged this on Blogger Optima and commented:
    Ketika saya mau print penawaran untuk pekerjaan Pintu Kaca,lalu tiba2kertas nya macet ditengah-tengah.Karena terburu-buru maka saya tarik paksa kertas nya. Dan muncul lah pesan eror E2 di display Printer Canon MP 145 saya. Saya cari solusi di google dan ketemu artikel di blog nya pak Awienz yang saya reblog disini.

Tinggalkan komentar

Penerjemah Google

Lokasi pengunjung

Statistik Pengunjung

free counters

Live Traffic