Cara setting modem cdma SpeedUp su-6350 di ubuntu 9.10

10

30 Desember 2009 oleh awienz

Saya baru tiga hari nyoba migrasi ke ubuntu, sebelumnya saya pakai OS nya jendela7. Dalam benak saya pasti sulit pake linux yang asing bagi saya (maklum udah biasa pake jendela walau yg bajakan. He.he…), ternyata mmg sulit, pada awalnya tp setelah mulai terbiasa bisa jg sedikit-sedikit. Lanjut nih cerita install modemnya. Sebelumnya saya sudah instal wineHq di ubuntu, maksud hati supaya bisa njalanin file exe nya cdma connect (Software untuk modem cdma SpeedUp su-6350) di ubuntu, supaya mudah untuk setting modemnya. ternyata gak brhasil aplikasi nya malah gak jalan. Akhirnya saya coba kembali ke tools bawaan ubuntu. untuk koneksinya langkah2nya sebagai berikut

  1. Pasang modem ke komputer.
  2. Setelah modem terpasang, atur network connectionnya pada System -> Preferences ->Network connection.
  3. Pilih tab mobile broadband, lalu klik add. secara otomatis modem anda akan terdeteksi sebagai “CDMA1X Modem CDMA1X Modem” lalu klik forward.
  4. Pilih Indonesia di country list, klik forward.
  5. Pilih I can’t find my provider and i wish enter it manually di jendela choose your provider. Masukkan nama provider anda, disini saya menggunakan fren jd ketikkan m8. Klik forward
  6. Lalu klik Apply
  7. masukkan username dan password anda. (untuk fren user=m8 pass=m8). Lalu klik Apply dan close.
  8. Restart komputer dengan posisi modem tidak terpasang.
  9. Tunggu sampai desktop muncul, lalu colokkan modem anda, klik kiri gambar No network connection di sudut kanan atas di sebelah gambar sound.
  10. Pilih m8 connection. Taraaa… akhirnya nyambung juga ke internet…

Saya sudah mencoba merestart komp dengan posisi modem terpasang tetapi gak mau konek2, lalu saya coba restart dengan posisi modem tidak terpasang setelah sampai didesktop baru colokin modem lalu coba lakukan sambungan….

kelemahannya adalah kita tidak dapat melakukan sambungan telpon ataupun sms, karena softwarenya tidak ada…

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi orang-orang yang baru mencoba OS ubuntu seperti saya….

Selamat mencoba…

10 thoughts on “Cara setting modem cdma SpeedUp su-6350 di ubuntu 9.10

  1. fery mengatakan:

    aku pake SU 6350,emang oke sih, tapi nomor untuk kirim SMS gak bisa di copy-paste. kalo bisa gimana cara nya…? trims

  2. yanuar mengatakan:

    mas tolong bantuannya untuk konek cdma su 6200 di ubuntu 9.10.stepnya gimana.thanks

  3. ArdeeX mengatakan:

    Dicoba dulu hehehehe…
    nais inpo ganšŸ˜€

  4. […] hari kelar juga donlotnya , install dan nyoba untuk njajal bt4. sama seperti tulisan sebelumnya cara-setting-modem-cdma-speedup-su-6350-di-ubuntu-9-10 saya coba konek pake wvdial (dengan asumsiĀ  wvdial sudah terinstal di komp anda ) dengan modem […]

  5. udjie mengatakan:

    thanks ya brooo

  6. Syahrul Azmi mengatakan:

    langsung cekidot nech gan..:D..

  7. aris mengatakan:

    cara install wvdial di ubuntu 9.04 gmna …
    thanks

Tinggalkan Balasan

Penerjemah Google

Lokasi pengunjung

Statistik Pengunjung

free counters

Live Traffic

